Rekaman Ajak ASN Menangkan NasDem Bocor, Sekda Tapteng Mundur dari Jabatan

Redaksi - Jumat, 29 Desember 2023 12:30 WIB
Rekaman Ajak ASN Menangkan NasDem Bocor, Sekda Tapteng Mundur dari Jabatan
Istimewa

bulat.co.id -TAPTENG | Sekretaris Daerah (Sekda) Tapanuli Tengah (Tapteng) Herman Suwito mengundurkan diri dari jabatannya setelah rekaman mengajak ASN untuk memenangkan Partai NasDem di Tapteng bocor ke publik.

Advertisement

Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta membenarkan soal pengunduran diri Herman. Termasuk dengan alasan pengunduran diri Herman.

"Iya Sekretaris Daerah mengundurkan diri, itu terkait dengan video viral," kata Sugeng Riyanta, Jumat (29/12/2023).

Rekaman yang dimaksud tersebut terkait ajakan Herman untuk memenangkan Partai NasDem di Tapteng. Rekaman tersebut diambil saat Herman mengumpulkan seluruh OPD, camat, lurah dua hari menjelang dilantiknya Sugeng sebagai Pj Bupati Tapteng.

"Jadi ada video viral itu beliau itu tanggal 13 November mengumpulkan para OPD, camat semua dalam rangka pergantian Pj, saya kan dilantik tanggal 15 November, nah di situ ternyata ada kalimat mengajak memilih partai tertentu," ucapnya.

Setelah rekaman tersebut bocor, pada Rabu (27/12/23) Herman datang ke rumah Sugeng. Herman menyatakan bertanggung jawab atas rekaman tersebut dan mengundurkan diri.

"Kemudian dia, Rabu hari pertama (kerja) setelah (libur) Natal masuk dia nggak ke kantor, dia langsung ke rumah intinya mengaku bersalah dan bertanggung jawab sehingga mengajukan pengunduran diri," ujarnya.

Sore harinya, Herman secara resmi mengundurkan diri dan Sugeng kemudian menunjuk Erman Syah Lubis sebagai Plh Sekda Tapteng. Sugeng juga mengaku sudah menandatangani surat pengunduran diri Herman dan mengirimkannya ke Gubernur Sumatera Utara dan Menteri Dalam Negeri.

"Kemudian sorenya dia mengajukan pengunduran diri resmi, kemudian langsung saya tunjuk Plh Sekda yang baru, staf ahli atas nama Pak Erman Syah Lubis," tutupnya.

Baca Juga:
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru