TPID Diminta Cek Perbedaan Harga Beras Medium dan Premium yang Cukup Tinggi

Sugiatmo - Selasa, 19 September 2023 18:00 WIB
TPID Diminta Cek Perbedaan Harga Beras Medium dan Premium yang Cukup Tinggi
Istimewa
Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Nana Sudjana AS, MM menghadiri High Level Meeting TPID, Selasa (19/9/23) di Kantor Bank Indonesia. (istimewa).

bulat.co.id -SEMARANG | Perbedaan harga beras kualitas medium dan premium yang cukup tinggi di lima kabupaten/ kota di Jawa Tengah membuat pemerintah setempat terus bekerja keras.

Advertisement

Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Nana Sudjana AS, MM meminta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk mengecek terjadinya perbedaan harga beras kualitas medium dan premium yang cukup tinggi itu.

Baca Juga:

Permintaan ini disampaikan Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Nana Sudjana AS, MM saat menghadiri High Level Meeting TPID, Selasa (19/9/23) di Kantor Bank Indonesia setempat.

Baca Juga :Prabowo Kemungkinan Laporkan Penyebar Isu Dirinya Tampar Wamentan

Nana menuturkan, berdasarkan data Sistem Pemantauan dan Kebutuhan Pokok (SP2KP), harga rata-rata beras medium per 15 September 2023 di Jateng Rp 12.679/ kg. Namun di Kota Tegal, Magelang, Kabupaten Brebes, dan Kendal mencapai Rp 13.500/ kg. Sementara di Temanggung Rp 13.333/ kg.

Untuk beras kualitas premium, harga rata-ratanya Rp 14.011/ kg. Tetapi di Tegal dan Kabupaten Boyolali, harga per kilogram di angka Rp 15.000. Harga beras kualitas premium di Kabupaten Purworejo Rp 14.833/ kg, Kabupaten Cilacap Rp 14.750/ kg dan Kota Surakarta Rp 14.667/ kg.

"Ini menjadi sasaran kita. Saya minta, di sinilah kebersamaan kita. Ini kenapa di Kendal, Magelang, Brebes ini dan Temanggung tinggi, yang lain di wilayah kita, masih bisa rendah. Nah saya minta ini untuk satgas pangan mungkin nanti dari Polda, kemudian saya minta dari Dinas Ketahanan Pangan, coba ini dievaluasi betul, dianalisa," tuturnya.

Semua yang tergabung dalam TPID harus optimal dalam menurunkan inflasi. Ia meminta tidak cukup hanya mengamati, tetapi mesti mengambil langkah nyata.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru