Rangka Pecahkan Rekor Dunia MURI, Bupati Tapsel Minum Kopi Bersama Ribuan Masyarakat

Suhut Gultom - Sabtu, 16 Desember 2023 18:00 WIB
Rangka Pecahkan Rekor Dunia MURI, Bupati Tapsel Minum Kopi Bersama Ribuan Masyarakat
istimewa
Bupati Dolly foto bersama dengan Forkopimda dan warga disela giat minum kopi rangka pecahkan rekor MURI
bulat.co.id -Rangka pecahkan rekor dunia MURI Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly P Pasaribu Spt MM dengan minum kopi dengan kulit manis sebanyak 4000 cup bersama ribuan masyarakat Tapsel di Adian Pardomuan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel. Sabtu (16/12/2023).

Dikesempatannya Dolly menyampaikan, upaya Pemkab Tapsel dalam mendukung Kopi Sipirok telah dilakukan sebagaimana Surat Edaran Bupati Tapsel Nomor : 510/6901/2021 tertanggal 28 Oktober 2021 yang berisi penetapan hari Jumat sebagai hari minum kopi.

Advertisement

Kopi yang dikonsumsi pun ditanam di tanah Tapsel dan dirawat oleh petani-petani Tapsel. Minum kopi tersebut tidak dilakukan di kantor pemerintahan saja namun juga di lopo (warung kopi) berbagai pelosok desa di Kabupaten Tapsel.

Baca Juga:

"Kopi yang diminum pada hari itu adalah kopi masyarakat sendiri, bukan kopi-kopi komersil, maupun pabrikan besar dari luar," terang Dolly

"Tujuannya, guna medorong kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya bagi petani Kopi Arabika Sipirok," ujar Dolly

Dolly berharap acara yang luar biasa seperti ini tidak hanya sampai disini saja, namun ia mengajak seluruh masyarakat untuk dapat terus berbenah.

"Apalagi yang kita berikan ke para petani kita jika kita tidak berupaya meningkatkan kapasitas dan kuantitas penjualan kopi kita di Tapsel", tuturnya.

Hari ini kita bangga, meski syarat 4000 cup saja sudah cukup, kita sediakan 6000 cup karena yakin, masyarakat Tapsel mendukung petaninya untuk maju, ungkap Dolly.

Dolly juga menyampaikan ke seluruh masyarakat Tapsel bahwa perbulan Oktober lalu, Tapsel telah diberi akses oleh BPJS Kesehatan, bahwa siapapun warga Tapsel yang kurang mampu dapat melakukan perobatan gratis di seluruh fasilitas kesehatan milik Pemkab Tapsel, sebutnya

Sebelumnya, Ujianna Sianturi Dewan Kopi Indonesia Wilayah Sumut yang juga Ketua Umum Asosiasi UMKM Sumut yang juga pelaku eksportir kopi dimana ia telah mengirimkan sampel kopi Sipirok ke Eropa dan ke Amerika, menyampaikan kehadirannya di Sipirok untuk menindaklanjuti kerja sama bersama Bupati Tapsel pada saat di Internasional Coffe Day pada bulan lalu di PRSU terkait mengembalikan kejayaan Kopi Sipirok baik di tingkat Nasional bahkan Internasional.

"Dan kami juga membangun konsolidasi bersatunya para pelaku UMKM kopi yang ada di Tapsel dan dimana kopi dari Sipirok ini adalah primadona dunia dengan skornya diatas 85," ujar Ujianna.

Sementara, Kadis Perdagangan Koperasi dan UKM Novita Sari Wahyuni dalam laporannya menjelaskan, festival kopi tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 16 sampai 17 Desember 2023, dengan jumlah stand sebanyak 22 stand yang diisi oleh pelaku UMKM se-Tapsel, jelas Novita.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru