Ini 7 Rekomendasi Menu Sahur Sehat yang Mudah Disiapkan

Redaksi - Sabtu, 02 Maret 2024 10:00 WIB
Ini 7 Rekomendasi Menu Sahur Sehat yang Mudah Disiapkan
Ilustrasi
bulat.co.id - MEDAN | Selama berpuasa, tubuh memerlukan energi yang cukup agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal. Karena itu, penting bagi setiap individu untuk memperhatikan jenis asupan saat sahur. Lantas, apa saja menu sahur sehat yang mudah disiapkan?Pada dasarnya, menu sahur sehat dapat dilihat dari komposisi gizinya. Adapun sejumlah gizi yang perlu disediakan dalam hidangan sahur sehat adalah karbohidrat, protein, vitamin, serta mineral.

Advertisement
Agar kuat dalam menjalani puasa, penting untuk menyediakan menu sahur yang mengandung gizi seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Baca Juga:
Konsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dapat memberikan energi yang cukup serta mencegah terjadinya gula darah rendah selama berpuasa.

Tak hanya itu, anda juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik agar terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan sakit kepala, lemas, hingga kram otot.

Untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh selama berpuasa, berikut adalah rekomendasi menu sahur sehat yang bisa Anda siapkan dengan mudah.

1. Air Putih

Rekomendasi menu sahur sehat yang paling penting untuk disiapkan adalah air putih. Pasalnya, minum air putih secukupnya saat sahur dapat mencegah dehidrasi yang menyebabkan tubuh terasa lemas dan mudah lelah selama berpuasa. Tak hanya sahur, Anda juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih saat berbuka puasa dan makan malam (setelah berbuka).

2. Buah-Buahan Segar

Salah satu tips sahur sehat yang penting untuk dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan segar, seperti semangka, apel, pisang, dan melon. Buah-buahan ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga mampu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, buah segar juga mengandung banyak air yang dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa.

3. Sup Sayur

Sup sayur merupakan menu sahur sehat sederhana yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Hal ini dikarenakan sup sayur terbuat dari berbagai macam jenis sayuran, seperti wortel, kentang, kembang kol, dan brokoli, yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga dapat memelihara kesehatan saluran cerna serta membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru