Anda Sehat? Waspadai 12 Gejala Diabetes Sejak Dini, Nomor 4 Sering Kita Alami Loh

- Minggu, 25 September 2022 00:34 WIB
Anda Sehat? Waspadai 12 Gejala Diabetes Sejak Dini, Nomor 4 Sering Kita Alami Loh
Ilustrasi Diabetes - (Foto: Istimewa)

bulat.co.id - Diabetes merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbesar ke 3 di Indonesia setelah stroke dan jantung koroner. Gejala yang ringan diawal membuat kita terkadang menganggap remeh penyakit satu ini. Secara perlahan, Diabetes adalah penyakit yang membunuh kita secara perlahan.

Advertisement

Didalam dunia Medis terdapat 4 tipe Diabetes dan tipe 2 adalah kasus yang paling sering ditemukan di masyarakat. Diabetes Tipe 2 disebabkan gaya hidup yang tidak sehat dan obesitas merupakan kalangan yang paling berisiko. 

Baca Juga:

Peluang terkena Diabetes bertambah ketika kita memiliki keluarga yang riwayat kesehatannya pernah menderita diabetes. Maka dari itu lebih baik kita rutin periksakan kadar gula darah dalam tubuh dengan rutin dan tetap menjaga pola hidup sehat.

Berikut ini ciri-ciri diabetes tipe 2 yang harus diwaspadai seperti dilansir dari CNN:

1. Penglihatan Kabur

Orang dengan diabetes bisa mengalami rabun atau penglihatan kabur. Hal ini terjadi karena kelebihan gula telah merusak pembuluh darah kecil di mata.

2. Luka Susah Sembuh

Luka susah sembuh terjadi karena kerusakan saraf dan pembuluh darah akibat kadar gula yang jumlahnya terlalu tinggi.

3. Kesemutan, Mati Rasa

Kesemutan bisa terjadi karena kadar gula darah yang tinggi dan memengaruhi sirkulasi darah sehingga mengganggu saraf. Kesemutan biasanya dirasakan di kaki.

4. Mudah Lelah

Kelelahan bisa dialami orang diabetes. Penyebabnya karena tidak ada cukup gula yang berpindah dari aliran darah ke sel-sel tubuh.

5. Sering Buang Air Kecil

Buang air kecil adalah hal wajar yang dilakukan seseorang. Tapi jika terlalu sering buang air kecil sudah saatnya untuk waspada. Sebab, saat kadar gula darah tinggi, ginjal mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah. Hal ini bisa membuat Anda kencing lebih sering.

6. Sering Haus

Saat sering buang air kecil, rasa haus juga akan meningkat. Terkadang bahkan Anda juga bisa mengalami dehidrasi.

7. Mudah Lapar

Orang diabetes mudah lapar. Hal ini karena mereka tidak mendapat energi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi. hal ini juga menjadi salah satu tanda diabetes tipe 2 yang harus diwaspadai.

8. Sakit Kepala

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan sakit kepala.

9. Gusi Merah, Bengkak, Lunak

Gusi mungkin bisa terinfeksi atau bahkan terlepas dari gigi. Hal ini bisa dialami oleh orang dengan diabetes. Hal ini juga bisa menjadi ciri-ciri diabetes tipe 2 yang harus diwaspadai. 

10. Bercak Kulit Gelap

Bercak kulit berwarna gelap biasanya muncul di lipatan leher, ketiak, atau selangkangan. Kondisi ini dikenal dengan istilah acanthosis nigricans.

11. Gatal dan Infeksi Jamur

Infeksi ragi cenderung terjadi pada area kulit yang hangat dan lembab seperti mulut, area genital, dan ketiak. Hal ini terjadi karena kelebihan gula dalam darah.

12. Berat Badan Turun Tiba-tiba

Sering buang air kecil sama halnya dengan membuang banyak kalori. Orang dengan diabetes tipe 2 akan mengalami penurunan berat badan tanpa program diet tertentu.

(red)

Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru