Matahari Merah Hadir di Langit Amerika Serikat

- Rabu, 24 Mei 2023 16:30 WIB
Matahari Merah Hadir di Langit Amerika Serikat
Istimewa

bulat.co.id - Dalam beberapa hari terakhir, langit Amerika Serikat (AS) disuguhi pemandangan menawan sekaligus memprihatinkan dengan kehadiran Matahari berwarna merah.

Advertisement

Baca Juga:

Fenomena menakjubkan ini, terlihat di langit New York hingga Illinois. Sejumlah ahli mengkonfirmasi, perubahan warna Matahari menjadi merah terkait dengan kebakaran hutan yang melanda wilayah Alberta, Kanada.

Dikutip dari detikcom, Rabu (24/3/2023) lebih dari 90 peristiwa kebakaran hutan melanda Provinsi Alberta, Kanada yang menghanguskan lebih dari 800 ribu hektar lahan. Dampak luas dari kebakaran ini menimbulkan partikel asap. Kabut yang dihasilkan oleh asap yang melayang diperkirakan akan bertahan selama beberapa hari lagi.

Baca Juga: Sebuah Rumah di AS Diduga Ditabrak Meteroit

Ahli meteorologi menjelaskan bahwa partikel asap secara selektif menyebarkan panjang gelombang cahaya yang lebih pendek, memungkinkan sinar merah dan oranye mendominasi langit sehingga menghasilkan penampakan Matahari berwarna merah.

Kebakaran hutan ini dipicu oleh kondisi musim semi kering yang tidak seperti biasanya dan gelombang panas yang hebat. Sebanyak 30 ribu orang terpaksa dievakuasi dari Kanada bagian barat.

Dampaknya pun telah melampaui batas negara. Para penduduk di Montana dan bagian timur Colorado, AS diminta National Weather Service (NWS) untuk tetap berada di dalam rumah karena kualitas udara yang sangat tidak sehat.

"Jika asap kian menebal, Anda harus tetap berada di dalam rumah. Peringatan ini terutama berlaku bagi mereka yang menderita penyakit jantung, penyakit pernapasan, bayi dan balita serta lansia," demikian bunyi peringatan NSW.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru