Medan Zoo Batal Ditutup, Ini Alasannya

Redaksi - Senin, 08 April 2024 12:36 WIB
Medan Zoo Batal Ditutup, Ini Alasannya
Istimewa
bulat.co.id - MEDAN | Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan membatalkan rencana penutupan Medan Zoo sebelum lebaran. Alasannya karena pengunjung diprediksi bakal ramai saat lebaran.

"PUD Pembangunan akan menunda dulu penutupan Medan Zoo sebelum lebaran, karena di waktu libur lebaran pengunjung yang datang ke Medan Zoo diperkirakan ramai, seperti libur lebaran tahun- tahun sebelumnya", kata Plt Dirut PUD Pembangunan, Bambang Hendarto dalam keterangannya, Senin (8/4/2024).

Advertisement

Wali Kota Medan Bobby Nasution disebut telah mengizinkan penundaan penutupan tersebut. Penutupan ditunda hingga selesai libur lebaran.

Baca Juga:

"Kemarin saya sudah menghadap langsung ke Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution dan meminta izin untuk penundaan penutupan Medan Zoo. Pak Wali saat ditemui di giat bersama anak yatim piatu sore tadi secara lisan mengizinkan penutupan ditunda sampai liburan lebaran berakhir", ucapnya.

Bambang menyebutkan penundaan penutupan Medan Zoo juga dikarenakan masyarakat Kota Medan khususnya kalangan menengah ke bawah masih membutuhkan hiburan yang terjangkau. Atas dasar itu Medan zoo yang menjadi salah satu ikon wisata kota Medan, juga siap menjadi destinasi wisata lebaran tahun ini.

"Karena hal ini juga kami PD Pembangunan menunda penutupan, sebab kita ketahui Medan Zoo juga merupakan hiburan yang terjangkau di Kota Medan untuk masyarakat," sebutnya.

"PUD Pembangunan yang membawahi unit bisnis Medan Zoo juga telah melakukan persiapan dan beberapa pembenahan sementara, dengan dibantu oleh Pemko Medan, BKSDA Sumut, PKBSI, dan para donatur serta influencer untuk memberikan kenyamanan ketika akan berlibur di Medan zoo nantinya", imbuhnya.

Bambang menuturkan bahwa tim arsitek telah datang ke Medan Zoo untuk melakukan pemetaan bagian-bagian yang akan dilakukan revitalisasi dan pengembangan nantinya. Selain itu, pihak PUD Pembangunan Kota Medan bersama dengan BPN Kota Medan dan didampingi oleh pihak Badan Aset Daerah Kota Medan (BKAD) juga telah meninjau langsung Untuk melakukan pengukuran ulang terhadap seluruh areal yang menjadi batas dari Medan Zoo.

"Progress perbaikan sarana di Medan zoo telah dilakukan sementara, namun untuk progres perbaikan yang sifatnya menyeluruh dan besar-besaran rencananya akan dilakukan setelah lebaran tahun ini," tutupnya.

Sebelumnya, Bobby Nasution mengungkapkan bakal menutup sementara Medan Zoo sebelum lebaran. Tujuannya, karena kebun binatang tersebut tak lama lagi akan direnovasi.

Hal tersebut disampaikan Bobby usai meninjau Medan Zoo bersama para calon investor, Kamis (14/3) sore. Bobby bersama para calon investor datang untuk menindaklanjuti Medan Zoo.

"Ini masih investor yang lama dari RANS Pak Raffi sama yang lain juga ini tindaklanjuti Medan Zoo. Tadi udah sepakat semua kita utamakan satwanya dulu nanti kita prioritaskan untuk pembenaran kandang. Tadi juga sudah ada teknis pengerucutan nanti Insya Allah tahun ini akan dimulai," kata Bobby.

Bobby mengaku bakal segera merelokasi seluruh satwa-satwa yang ada di Medan Zoo. Namun, relokasinya masih tetap berada di areal kebun binatang tersebut.

"Pasti kita utamakan tentang satwanya dulu, bukan hanya harimau tapi seluruh satwa kemungkinan kita relokasi tapi tetap di area Medan Zoo karena cukup luas, setelah itu nanti baru area yang lain untuk penunjang lainnya," ujarnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru