Siap-Siap, Seleksi CPNS 2024 Akan Digelar, Utamakan Formasi Guru dan Tenaga Kesehatan

Redaksi - Kamis, 04 Januari 2024 11:00 WIB
Siap-Siap, Seleksi CPNS 2024 Akan Digelar, Utamakan Formasi Guru dan Tenaga Kesehatan
Ilustrasi
bulat.co.id -JAKARTA | Presiden Jokowi akan mengumumkan secara langsung pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau yang sekarang disebut Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di 2024.

Namun, dalam seleksi CASN tahun ini, pemerintah akan mengutamakan formasi guru dan tenaga kesehatan.

''Presiden RI Joko Widodo akan mengumumkan pembukaan seleksi ASN 2024. Kebijakan pada 2024 diharapkan mengurangi sedapat mungkin jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital,'' jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resmi, Rabu (3/1/24).

Rencananya pemerintah akan membuka lowongan CASN 2024 sebanyak 1 juta formasi.

''Pemenuhan ASN Tahun 2024 diprioritaskan pada kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan,'' ungkap Anas.

Memasuki hari pertama kerja di tahun 2024, Azwar Anas menggelar rapat koordinasi internal. Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama untuk memastikan program di tahun 2023 tetap berjalan pada tahun ini. Salah satu programnya adalah pematangan GovTech dan persiapan seleksi calon Aparatur Sipil Negara (ASN).

''Pemerintah juga berencana membuka rekrutmen CASN 2024 untuk memenuhi kebutuhan SDM di instansi pemerintah,'' jelasnya.

Selanjutnya berfokus untuk penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai amanat UU No. 20/2023 tentang ASN. Untuk tahun ini, pemerintah akan membuka ruang lebih luas untuk fresh graduate. Pemerintah akan membuka kesempatan lebih luas untuk talenta digital.

Advertisement
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru