Beras Untuk Jamaah Haji Diimpor Dari Vietnam dan Thailand

- Sabtu, 13 Mei 2023 10:10 WIB
Beras Untuk Jamaah Haji Diimpor Dari Vietnam dan Thailand
Istimewa
Beras


Advertisement

"Importir lada terbesar kita adalah Vietnam. Lalu mungkin Arab impor spices (rempah) dari Vietnam, bisa jadi. Berarti lada siapa? Itu pasti ada sebagian lada Indonesia. Ini Pangansari grup langsung diekspor ini berarti salah satu langkah cukup besar. Importir kita hortikultura kita, Vietnam sebagai hubnya, Belanda, Mesir. Begitu kita bisa langsung ekspor, nilai tambahnya besar," bebernya.

Baca Juga:

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Perdagangan (Sesditjen PHU Kemenag) Ahmad Abdullah Yunus menyebut biaya konsumsi jemaah haji dan umroh Indonesia mencapai Rp 2 triliun. Ia menganggap jika hal itu bisa dioptimalkan maka bisa memberikan manfaat besar.

"Dan biaya konsumsi mungkin Rp 2 triliun kurang sedikit. Nilai ekonominya untuk kalau pun nanti misi kerja sama kami dengan Kemendag Kementerian Koperasi dan UMKM kemudian dengan KADIN Timur Tengah, terutama di sini, dan para pelaku usaha dari travel haji dan umrah, apabila bisa dioptimalkan masyaallah tabarakallah merupakan nilai manfaat yang luar biasa," imbuhnya.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru