Mengenal Brendung, Boneka Magis Asal Pemalang

- Minggu, 02 Juli 2023 16:58 WIB
Mengenal Brendung, Boneka Magis Asal Pemalang
Ragil Surono
Boneka Brendung, boneka magis asal Pemalanng, Jawa Tengah

bulat.co.id - Pemalang | Wong Kaso atau Suku Kaso yang menempati daerah Desa Sarwodadi, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, dikenal sebagian masyarakat kota berjuluk pusere jawa memiliki pribadi yang unik.

Advertisement


Baca Juga:

Dengan biasa bicara apa adanya, dekat dengan alam dan kuat dalam memegang tradisi budayanya, ada juga sebagaian masyarakat menganggap jika Wong Kaso dikenal sebagai suku saminnya Kabupaten Pemalang.


Baca Juga : Diduga Depresi, Mama Muda Tewas Minum Racun di Hotel Tong Inn



Budaya atau karakter Wong Kaso dengan masuknya budaya modern, semakin lama semakin terkikis. Ada satu cerita yang sangat terkenal oleh masyarakat Kabupaten Pemalang, tentang suku Wong Kaso, yaitu jika anda meminjam cangkul kepada orang kaso, maka orang kaso akan meminjamkan cangkulnya dengan mencopot terlebih dahulu doran (kayu pegangan cangkul) kepada anda. Sebab saking lugunya, ketika ingin pinjam cangkul kepada suku kaso harus dijelaskan pinjam cangkul beserta kayu pegangannya.


Saat ini satu-satunya budaya tradisional yang masih di pertahankan oleh masyarakat kaso adalah Boneka Brendung. Sebuah boneka yang terbuat dari tempurung kelapa dan mengandung magis. Brendung bisa terbang sendiri dan sangat berat meski dipegangi empat atau enam orang.


Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru