SBY Beri Catatan Terkait Sistem Pemilu

- Senin, 20 Februari 2023 09:09 WIB
SBY Beri Catatan Terkait Sistem Pemilu
Istimewa
SBY

bulat.co.id - Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY memberikan catatan terkait sistem pemilu. SBY bahkan mewanti-wanti Mahkamah Konstitusi agar jangan sampai keliru.

Advertisement

Baca Juga:

Pernyataan SBYini disampaikan melalui tulisannya di Facebook yang dibagikan kepada wartawan, Minggu (19/2/2023). Dalam tulisan tersebut, SBY mengaku tertarik dengan isu pergantian sistem pemilu seperti dalam gugatan di MK. Dia sudah lama tidak mengomentari isu perpolitikan Tanah Air.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto Bertemu di Istana, Ini Hasilnya

"Benarkah sebuah sistem pemilu diubah dan diganti ketika proses pemilu sudah dimulai, sesuai dengan agenda dan 'time-line' yang ditetapkan oleh KPU? Tepatkah di tengah perjalanan yang telah direncanakan dan dipersiapkan dengan baik itu, utamanya oleh partai-partai politik peserta pemilu, tiba-tiba sebuah aturan yang sangat fundamental dilakukan perubahan? Ini tentu dengan asumsi bahwa MK akan memutuskan sistem proporsional tertutup yang mesti dianut dalam Pemilu 2024 yang tengah berjalan saat ini," kata SBY, dilansir dari detikcom.

SBY lalu mempertanyakan situasi kegentingan apa yang mengharuskan sistem pemilu harus diubah. SBY mencontohkan situasi krisis pada tahun 1998, ketika reformasi terjadi dan rezim Orde Baru Soeharto berakhir.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru