Festival Budaya di Pantai Merdeka Bagan Kuala Dimeriahkan Juara Dangdut Academy 6

Yusnar - Sabtu, 02 Maret 2024 15:00 WIB
Festival Budaya di Pantai Merdeka Bagan Kuala Dimeriahkan Juara Dangdut Academy 6
istimewa
Festival Budaya di Pantai Merdeka Bagan Kuala Dimeriahkan Juara Dangdut Academy 6
bulat.co.id - Kelestarian alam dan lingkungan sangat perlu kita jaga, termasuk kebudayaan yang ada di negeri ini. Seperti yang dilaksanakan oleh Komunitas Seni Telangkai yang menggelar kegiatan Festival Budaya Kuala Merdeka, bertempat di Pantai Merdeka Kampung Bahari Nusantara, Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Advertisement
Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai hari Sabtu tanggal 2 sampai hari Minggu tanggal 3 Maret 2024 dengan berbagai rangkaian acara yaitu Penanaman Bakau, Seminar Lingkungan, Lomba Layang - Layang, Pertunjukan Musik dan Tari, Teater Rakyat, Peragaan Busana dan Bazar Jajanan Tradisional.

Baca Juga:
Ketua panitia yang sekaligus Ketua Seni Telangkai Kabupaten Sergai, Ifwa Nul Hakim, MPA mengatakan Komunitas Seni Telangkai ini adalah komunitas yang mengembangkan kebudayaan dalam ruang - ruang pertunjukan.

Oleh karena itu, kami membuat program kegiatan panggung - panggung untuk menampilkan kebudayaan khususnya yang ada di Kabupaten Sergai. Terutama yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin atau Kampung Bedagai yaitu kebudayaan Melayu.

"Salah satu program kegiatan tahunan ini adalah Festival Budaya Kuala Merdeka yang saat ini kita laksanakan di Desa Bagan Kuala, tepatnya di Pantai Merdeka Kampung Kito," papar Ifwa kepada wartawan disela - sela kegiatan tersebut di lokasi Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala.

Ifwa menjelaskan, festival ini dilaksanakan guna mengangkat dan mengembangkan kebudayaan, termasuk unsur kelestarian lingkungan di pantai agar tidak semakin terjadi abrasi pantai.

Kegiatan ini didukung oleh Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan nama program ini yaitu Dana Indonesiana.

Dana Indonesiana ini adalah bentuk dana fasilitasi kebudayaan dari Kementerian dan Kebudayaan untuk komunitas - komunitas yang ada di Indonesia. Kami melalui proposal yang ditujukan kepada Kemendikbud, lalu mereka mensupport kegiatan yang kita laksanakan ini.

"Ini dilakukan oleh seluruh komunitas di Indonesia. Jadi ada kurang lebih 200 komunitas terpilih yang melaksanakan acara semacam ini. Salah satunya di Sumatera Utara itu adalah Komunitas Seni Telangkai dari Serdang Bedagai," ungkap Ifwa.

Lanjut Ifwa, Komunitas Seni Telangkai ini memang dibentuknya tingkat kecamatan. Jadi kumpulan anak - anak muda Kecamatan Tanjung Beringin yang ingin berbuat sesuatu untuk kampung dengan kegiatan positif, salah satu wadahnya itu lewat seni.

Akan tetapi tidak hanya sebatas di bidang kesenian. Kami juga ada membuat les bahasa Inggris, terus ada pelatihan - pelatihan, kerajinan tangan dan sebagainya.

"Ini adalah wadah untuk membina anak - anak muda dengan membuat kerajinan tangan kulit kerang, pelatihan fotografi, mengajarkan teater serta tarian untuk ditampilkan. Pada tahun ini dilaksanakan di Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala, dan murni semangat anak - anak muda Desa Bagan Kuala,"ujarnya lagi.

Masih kata pemuda asli Bedagai itu, Kegiatan Komunitas Seni Telangkai ini adalah program tahunan, walaupun bentuknya bisa bermacam - macam namun kami tetap mengangkat tema - tema pesisir.

Seperti tahun 2016 lalu kami membuat Festival Pulut Kuning dengan mengangkat ciri khas budaya Melayu, terus pada tahun 2022 Festival Pulau Berhala yaitu Festival Budaya Laut, dan tahun 2024 ini Festival Budaya Kuala Merdeka di Pantai Kuala.

"Jadi ini rentetan satu benang merah untuk tema - tema pesisir," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini kata Ifwa, harapan kita pastinya pertama tetap menjaga kebudayaan, dan kedua bahwa Tanjung Beringin ini mempunyai anak - anak muda yang kreatif yang akan terus kita kembangkan.

Selama ini kita juga mengetahui bahwa Kecamatan Tanjung Beringin itu banyak menghasilkan anak - anak muda yang kreatif, makanya sekarang panggungnya kita tambah.

"Jadi Seni Telangkai itu adalah menyediakan panggung untuk anak - anak kreatif Tanjung Beringin untuk tampil dan dapat menyalurkan bakatnya untuk berprestasi," terang Ketua Seni Telangkai putra daerah Tanjung Beringin.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru