Kapal Kayu Bawa Pengungsi Rohingya Dihalau TNI AL Menjauhi Perairan Pulau Weh

Redaksi - Kamis, 28 Desember 2023 22:00 WIB
Kapal Kayu Bawa Pengungsi Rohingya Dihalau TNI AL Menjauhi Perairan Pulau Weh
Istimewa

bulat.co.id -SABANG | Sebuah kapal kayu yang mengangkut pengungsi Rohingya yang hendak mendekat ke wilayah Indonesia dihalau oleh personel TNI AL di perairan timur Pulau Weh, Sabang, Aceh.

Advertisement

Dilansir dari laman resmi TNI AL, seperti dilihat, Kamis (28/12/23), bermula saat Kapal Perang Indonesia (KRI) Bontang-907 sedang melakukan patroli. Lalu Guskamla Koarmada I menginformasikan kepada KRI Bontang-907 bahwa ada kapal berisi pengungsi Rohingya hendak mendekat ke wilayah Indonesia.

Kemudian dilakukan pengecekan dengan menggunakan Heli Panther AS 565 MBe HS 1309 yang onboard di KRI Bontang-907. Hasilnya TNI AL menemukan kapal kayu dengan nama SHWE YA DANAR 3 yang membawa pengungsi Rohingya.

KRI Bontang-907 mengambil langkah shadowing. Kapal yang mengangkut pengungsi Rohingya itu dihalau keluar dari perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia-India. TNI AL juga memastikan jika kapal tersebut tak kembali ke Indonesia.

Terpisah, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali meminta jajarannya untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasi dan merespons cepat informasi yang diterima serta melaksanakan kerja sama dan bersinergi dengan instansi terkait, khususnya dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia.

Baca Juga:
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru