TikTok Shop Akan Kembali Hadir di Indonesia dalam Format Baru, Siap Bantu UMKM Naik Kelas

Andy Liany - Sabtu, 18 November 2023 10:00 WIB
TikTok Shop Akan Kembali Hadir di Indonesia dalam Format Baru, Siap Bantu UMKM Naik Kelas
Ilustrasi
bulat.co.id -Kabar baik bagi pecinta TikTok Shop yang akan kembali beroperasi di Indonesia.

Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KemenKop UKM) menyebut, kembalinya TikTok shop di Indonesia memiliki potensi untuk membantu pelaku usaha di sektor UMKM.

Advertisement

Sementara Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet menjelaskan, penutupan TikTok Shop pada Oktober lalu disebabkan oleh izin yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

Baca Juga:

Hal ini karena sifat TikTok sebagai media sosial beralih menjadi social commerce yang memungkinkan masyarakat berjualan pada platform tersebut.

"Hal ini yang saya kira membuat beroperasinya TikTok Shop menjadi merugikan dalam konteksnya ke pemerintah maupun ke UMKM," kata Yusuf, melansir bisnis.com, Sabtu (18/11/2023).

Kemunculan kembali TikTok Shop di Indonesia belum tentu akan berefek negatif terhadap sektor UMKM.

Yusuf mengatakan, pihak-pihak terkait perlu melihat terlebih dahulu kemunculan kembali TikTok Shop dalam format baru yang rencananya akan menggandeng mitra ecommerce.

Dia menilai, upaya TikTok Shop menggandeng mitra ecommerce dapat membantu pelaku UMKM naik kelas.

Yusuf juga menyebut kehadiran TikTok Shop sebelumnya sebenarnya juga menguntungkan beberapa penjual yang berkategori sebagai usaha kecil.

"Karena bagaimanapun juga UMKM yang memasarkan produknya melalui daring itu memiliki peluang besar untuk mengekspansi pasar mereka," tandas Yusuf.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru