KPPU Kanwil I Bahas Persoalan Sawit Bersama Dinas Perkebunan Sumut

- Rabu, 23 November 2022 13:39 WIB
KPPU Kanwil I Bahas Persoalan Sawit Bersama Dinas Perkebunan Sumut
Istimewa
Ketua Kanwil I KPPU, Ridho Pamungkas menyambangi Dinas Perkebunan Sumut untuk membahas beberapa persoalan di perkebunan sawit, Selasa (22/11/2022).

bulat.co.id -Kepala Kantor Wilayah I (Kanwil) Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Ridho Pamungkas didampingi Kepala Bidang Kajian dan Advokasi Shobi Kurnia menyambangi Dinas Perkebunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk membahas beberapa persoalan di perkebunan sawit.

Advertisement


Dijelaskan Kepala Kanwil I, Pembahasan pertama terkait peran pemerintah dalam mendorong pemenuhan kewajiban alokasi lahan milik pengusaha sawit bagi petani rakyat seluas 20% total luas areal kebun Hak Guna Usaha (HGU) yang diusahakan.

"KPPU telah melaksanakan tugas dan fungsi dari kemitraan sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM, dimana akan dilaksanakan seremoni pelaksanaan penyerahan sertifikat lahan kelapa sawit dari PT Sago Nauli kepada Koperasi Sawit Murni," ujar Ridho, Selasa (22/11/2022).

Ridho menambahkan, pembahasan kedua tentang perlindungan harga TBS bagi petani mandiri dan yang terakakhir terkait penyelesaian masalah pelaksanaan kemitraan PT Sago Nauli dengan Koperasi Sawit Murni di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang ditangani KPPU.
Dalam tanggapannya, Nazli menyampaikan kepada KPPU Kanwil I selalu siap berkolaborasi, khususnya untuk menjalankan prinsip-prinsip kemitraan yang sehat pada perkebunan di Sumut.

"Kami siap membantu KPPU dalam memfasilitasi tempat pelaksanaan seremoni penyerahan sertifikat lahan kelapa sawit dari PT Sago Nauli kepada Koperasi Sawit Murni. Terkait isu-isu di sektor perkebunan sawit yang lain, kami siap berkolaborasi dengan KPPU sesuai dengan kewenangannya masing-masing" ucap Nazli.

Baca Juga:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru