Total Aset Negara Hingga Kuartal III 2022 Sebesar Rp1.106 Triliun

- Rabu, 23 November 2022 14:10 WIB
Total Aset Negara Hingga Kuartal III 2022 Sebesar Rp1.106 Triliun
Istimewa
Penjabaran total aset negara Indonesia hingga kuartal ketiga 2022 oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban di Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022).
bulat.co.id -Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban mengatakan pengelolaan BMN turut mengambil peran perekonomian karena menjadi jaminan atau underlying asset terhadap penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Sampai kuartal III-2022, total aset yang dijaminkan pemerintah senilai Rp 1.106 triliun.

"Nilai BMN yang sudah digunakan sebagai underlying asset SBSN sampai kuartal III-2022 sebesar Rp 1.106 triliun. Dengan SBSN tersebut, kita dapat memenuhi sebagian kebutuhan pembiayaan dari APBN dalam mendukung kebijakan fiskal," kata Rionald dalam acara Anugerah Reksa Bandha di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022).

Dalam aturannya, pemerintah wajib membeli kembali aset SBSN yang dijadikan sebagai jaminan pada saat jatuh tempo. Dengan begitu tidak ada celah hukum yang memungkinkan beralihnya BMN kepada investor SBSN atau pihak lain.

Selain BMN, lelang juga ikut berperan dalam perekonomian nasional. Tidak hanya mengemban fungsi sebagai sarana pemindah tanganan BMN dan sumber penerimaan negara, tetapi juga sebagai solusi bagi pemulihan keuangan negara melalui rampasan dan penjualan barang sitaan.

Dilansir detikFinance, Rionald menyebut dalam 5 tahun terakhir hasil kinerja lelang sangat membanggakan. Datanya menunjukkan realisasi pokok lelang mencapai Rp 101 triliun dan PNBP lelang Rp 2,24 triliun.

"Tentunya ini semua tidak lepas dari kontribusi stakeholder dalam mendukung optimalisasi capaian kinerja lelang," ujar Rionald.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru