Menteri Israel Mundur dari Pemerintahan Netanyahu gegara Tidak Dimasukkan dalam Kabinet Perang

Redaksi - Selasa, 26 Maret 2024 14:30 WIB
Menteri Israel Mundur dari Pemerintahan Netanyahu gegara Tidak Dimasukkan dalam Kabinet Perang
Istimewa
bulat.co.id - ISRAEL | Seorang menteri veteran Israel yang bergabung dengan pemerintahan persatuan darurat Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu setelah serangan Hamas pada 7 Oktober mengatakan pada Senin (25/3/2024) bahwa ia telah mengundurkan diri setelah tidak dimasukkan dalam kabinet perang tingkat tertinggi.

Gideon Saar bergabung dengan pemerintah persatuan bersama dengan beberapa anggota oposisi lainnya untuk membantu mengendalikan perang terhadap Hamas di Gaza.

Advertisement

Kepergian Saar, bersama dengan sekutunya lainnya, diperkirakan tidak akan mempengaruhi stabilitas pemerintahan Netanyahu, yang masih menguasai mayoritas di parlemen.

Baca Juga:

Saar pernah menjadi saingan Netanyahu di partai sayap kanan Likud sebelum bergabung dengan blok yang lebih berhaluan tengah yang dipimpin oleh mantan panglima militer Benny Gantz. Bersama-sama mereka memasuki pemerintahan darurat. Gantz menjadi anggota forum kecil, kabinet perang pembuat keputusan, sementara Saar tidak disertakan.

"Saya tidak dapat memikul tanggung jawab jika menurut penilaian saya, saya tidak memiliki kemungkinan nyata untuk mempengaruhi arah kebijakan. Saya tidak melihat manfaat apa pun dari hal ini," kata Saar dalam sambutannya.

Pengunduran dirinya tidak mengejutkan, karena Saar telah memutuskan aliansi dengan Gantz awal bulan ini.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru