Gawat, Medan Zoo Utang Pakan Hingga Tak Mampu Bayar Gaji Pegawai

Redaksi - Kamis, 11 Januari 2024 11:15 WIB
Gawat, Medan Zoo Utang Pakan Hingga Tak Mampu Bayar Gaji Pegawai
Istimewa
bulat.co.id - MEDAN | Medan Zoo saat ini tengah mengalami krisis finansial. Bahkan mereka terpaksa harus utang pakan satwa. Bukan itu saja, pegawai Medan Zoo juga sidan tidak menerima pembayaran gaji sejak Agustus 2023 lalu.Padahal, Medan Zoo merupakan salah satu unit usaha milik PUD Pembangunan Kota Medan.

Advertisement
Atas kerisis finansial itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution pun angkat bicara. Dia mengatakan kondisi dari 5 unit usaha di bawah naungan PUD Pembangunan, terdapat 1 unit usaha yang profitnya dapat membantu Medan Zoo. Unit usaha tersebut diminta untuk membantu pakan dan gaji pegawainya.

Baca Juga:
"Kita kemarin itukan Medan Zoo dibawa BUMD PUD Pembangunan, dia yang bukan hanya membawahi Medan Zoo, tapi beberapa unit usaha lain. Kita lihat memang dari unit usahanya, saat ini hanya satu unit usaha profitnya bisa menutupi usaha dari kegiatan usaha yang lain, ini yang kita sampaikan dari profit itu ditambahkan yang pertama adalah untuk satwa di situ dan para pegawai Medan Zoo," kata Bobby Nasution di Balai Kota Medan, Rabu (10/1/24) malam.

Jika ingin memberikan suntikan dana dari APBD ke Medan Zoo, langkah tersebut harus seizin DPRD Medan. Sehingga dirinya mendorong PUD Pembangunan maupun Medan Zoo agar melakukan kerjasama dengan pihak lain untuk menyokong pendanaan.

"Dari Pemko pastinya, kalau kita bilang suntikan dana dari pemko itu kan, berarti harus penambahan penyertaan modal kembali, izin dari DPRD dan segala macam, karena itu sebenarnya opsi itu yang belum ada, opsi yang saya sampaikan ke BUMD membangun kerjasama," ucapnya.

Saat disinggung apakah ada opsi untuk relokasi satwa hingga penutupan Medan Zoo melihat kondisi saat ini, Bobby menjelaskan pihaknya sudah memiliki beberapa pilihan. Pihaknya nantinya akan mempertimbangkan pilihan yang paling tepat.

"Opsi-opsi pasti ada beberapa opsi kita buat tentunya tadi harus melihat segala aspek. Opsi dibuka, ditutup, kita opsi relokasi pasti nya opsi-opsi yang sudah ada sudah kita list, nanti opsi yang paling tepat itu yang kita pilih," jelasnya.

Saat ini Pemkot Medan, kata Bobby, tengah melakukan perbaikan Medan Zoo secara terorganisir. Terkhusus satwa yang saat ini kondisinya memprihatinkan.

"Kita perhatiannya melalui BUMD kita, kita sudah sampaikan juga beberapa aspek tentang Medan Zoo baik tentang hewannya satwa yang ada di dalam dan Medan Zoo secara keseluruhan. Ini step-step nya mudah-mudahan, terus kita jalani langkah langkah nya terus lakukan Medan Zoo ini kita perbaiki secara terorganisir, yang pasti tujuannya, satwa nya dulu," tutupnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru