15-16 Juli, Masyarakat Pesisir Diimbau Waspada Gelombang Tinggi

- Sabtu, 15 Juli 2023 10:44 WIB
15-16 Juli, Masyarakat Pesisir Diimbau Waspada Gelombang Tinggi
Internet
Ilustrasi gelombang tinggi

bulat.co.id -JAKARTA | Masyarakat pesisir diimbau waspada potensi gelombang tinggi hingga enam meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 15-16 Juli 2023. Imbauan tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Advertisement


"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo di Jakarta, Sabtu (15/7).

Baca Juga:
Baca Juga :Lima Orang Tewas dalam Bencana Banjir dan Longsor di Sumbar

Eko menjelaskan, pola angin menjadi salah satu yang menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang tinggi. Seperti pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 6-30 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan 6-25 knot. "Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Maluku, perairan selatan Sulawesi Utara, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Laut Arafuru, perairan selatan Yos Sudarso, dan perairan selatan Merauke," paparnya.


Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru