Besok, Muhammadiyah Shalat Iduladha

Hendra Mulya - Selasa, 27 Juni 2023 10:30 WIB
Besok, Muhammadiyah Shalat Iduladha
internet
bulat.co.id -Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur akan melaksanakan shalatIdul Adhalebih awal, yaitu pada hari Rabu (28/6/23). Namun, pengurus Muhammadiyah Jawa Timur menghimbau kepada warganya agar melakukan penyembelihan hewan kurban pada hari Kamis mengikuti petunjuk pemerintah.

Advertisement

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis (29/6/23). Namun, warga Muhammadiyah dan sejumlah negara Muslim lainnya melaksanakan salat Idul Adha satu hari lebih awal, yaitu pada Rabu (28/6/23). Hal ini sesuai dengan hasil perhitungan melalui metode hisabhakiki wujudul hilalyang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Baca Juga:
Baca Juga :Kuliner Vegetarian di Pemalang Banyak Diburu Warga

Kendati demikian, Muhammadiyah Jawa Timur memutuskan akan menyembelih hewan kurban pada hari Kamis (29/6/23) sesuai instruksi pemerintah. Sesuai aturan agama, kesempatan menyembelih hewan kurban memang disediakan selama 3 hari. Pemilihan penyembelihan pada hari Kamis juga didasari semangat untuk bersikap toleran terhadap mereka yang baru ber-Lebaran.

Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Biyanto, mengatakan meski ada perbedaan dalam merayakan Iduladha, hal ini menjadi sesuatu yang biasa. Tidak perlu saling menyalahkan di media sosial, apalagi saling menjatuhkan atau menegasikan ketentuan yang berbeda dari kelompok lain.

Baca Juga :Air Keramat Sumur Syeh Maulana Samsudin, Diyakini Dapat Mengobati Berbagai Penyakit

"Muhammadiyah dengan metode hisabwujudul hilaldengan berbasis pada pengetahuan menentukan Iduladha jatuh pada tanggal 28 Juni," ungkap Biyanto, Sekretaris PW Muhammadiyah Jatim, Selasa (27/6/23).


Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru