MPLS Siswa Baru, SMKN 2 Sidimpuan Gandeng Kodim 0212/TS

Suhut Gultom - Sabtu, 15 Juli 2023 20:31 WIB
MPLS Siswa Baru, SMKN 2 Sidimpuan Gandeng Kodim 0212/TS
Suhut Gultom
SMKN 2 Psp laksanakan MPLS
bulat.co.id -P. SIDIMPUAN | Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan pertama masuk sekolah bagi siswa baru untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, disiplin, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.


Advertisement

Kegiatan ini dulunya di istilahkan Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang bertujuan untuk mengenali potensi peserta didik, membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif.

Baca Juga:
Baca Juga :Polres Padangsidimpuan Paparkan Kasus Narkotika


Selain itu, MOS juga dapat mengembangkan interaksi positif antar sesama siswa dan warga sekolah lainnya. Demikian disampaikan Ka SMKN 2 Kota Padangsidimpuan (Psp) Andika Saputra SPd MM melalui Wakasek Bidang Kesiswaan Muhammad Budi Syahputra S.Pd, usai giat tersebut, Sabtu (15/7/2023) sore.


"MPLS kita laksanakan dalam waktu tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada hari sekolah dan jam pelajaran. MPLS merupakan kegiatan yang wajib diselenggarakan oleh sekolah dan wajib diikuti oleh peserta didik baru," tuturnya.



"Materi yang disampaikan sangat penting mengingat peserta didik baru kita berasal dari berbagai daerah dan latar belakang sekolah. Terkait kehadiran Personil TNI dikegiatan ini, adalah bentuk kemitraan yang sudah lama kita bangun dengan Kodim 0212/TS," tambahnya.


Dijelaskannya, dalam MPLS di SMKN 2 Psp selama 3 hari tersebut diisi dengan materi antara lain mengenalkan kegiatan ekstrakurikuler seperti Osis, Pramuka, UKS, olahraga, seni dan keagamaan, kegiatan pengenalan visi misi SMKN 2 dan program bimbingan karier, cara belajar serta tata tertib sekolah.

Selannutnya, pengenalan profil pelajar Pancasila, pengenalan pelaksanaan KBM kurikulum merdeka, penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter, wawasan ideologi kebangsaan dan peraturan baris berbaris.


"Meski sekolah ini dikenal juga dengan sebutan sekolah STM, namun kita akan mewujudkannya sebagai sekolah yang humanis," jelas Budi.


Pelaksanaan MPLS ini, sebutnya, diikuti 486 siswa dengan 7 jurusan kompetensi keahlian, yakni Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Audio Video, Bisnis Konstruksi dan Properti serta Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.


"Kepanitiaan MPLS ini melibatkan seluruh Wakasek, Ka Prodi, Ka Perbengkelan, Guru dan Personil TNI dari Koramil 02/Kota Psp, Kodim 0212/TS yakni Serda Fas Harahap dan Serda Billy Efsanto. Materi dari dua orang prajurit TNI ini fokus pada wawasan ideologi kebangsaan dan peraturan baris berbaris," terang Budi.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru