8 Ketua Umum Partai Bahas dan Tolak Sistem Pemilu Tertutup

- Minggu, 08 Januari 2023 12:52 WIB
8 Ketua Umum Partai Bahas dan Tolak Sistem Pemilu Tertutup
Istimewa
Delapan Ketua Umum Partai berkumpul di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2022), untuk membahas sistem Pemilu 2024 tertutup.
bulat.co.id -Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hingga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghadiri agenda pertemuan menolak sistem pemilu proporsional tertutup.

Pertemuan ini berlangsung di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2022). Dilansir CNNIndonesia, pertemuan dihadiri oleh sejumlah perwakilan partai politik yang saat ini ada di DPR.

Baca Juga:Pemilu 2024">PDIP Absen Dalam Rapat Sistem Pemilu 2024

Selain Airlangga, AHY, dan Cak Imin, mereka yang tampak hadir yaitu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Wakil Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Partai NasDem Ahmad Ali dan Johnny G Plate, serta Wakil Ketua Umum PPP H M Amir Uskara. Perwakilan Partai Gerindra belum terlihat hadir.

"Harusnya seperti itu (agenda pertemuan membahas penolakan sistem pemilu proporsional tertutup) karena itu memang domain partai politik yang pembuat Undang-undang, bukan domain MK [Mahkamah Konstitusi]," ujar Ahmad Ali kepada wartawan di Hotel Dharmawangsa.

Delapan dari sembilan fraksi yang ada di DPR sebelumnya menyampaikan sikap bersama meminta agar Mahkamah Konstitusi tetap mempertahankan aturan sistem proporsional terbuka atau mencoblos calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2024.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru