9 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 2 Banyak yang Belum Tahu

Redaksi - Rabu, 06 Maret 2024 10:00 WIB
9 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 2 Banyak yang Belum Tahu
Istimewa

bulat.co.id - MEDAN | Tidak sedikit orang yang belum menyadari manfaatdaunpepaya untuk kesehatan tubuh.

Advertisement

Di balik rasanya yang pahit, daunpepaya menyimpan berbagai manfaat bagi tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga:

Kandungan Daun Pepaya


Daun pepaya menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan.

Manfaat daunpepaya dapat diperoleh dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Pasalnya, dalam 100 gram daunpepaya mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti:

Energi: 87 kkal.

Air: 75,4 g.

Karbohidrat total: 11,9 g

Protein: 8 g

Lemak total: 2 g.

Serat pangan: 1,5 g.

Kalium: 926,6 mg.

Kalsium: 353 mg.

Vitamin C: 140 mg.

Fosfor: 63 mg.

Natrium: 4 mg

Vitamin B3: 1,8 mg

Seng: 1,5 mg

Besi: 0,8 mg.

Vitamin B2: 0,5 mg.

Vitamin B1: 0,15 mg

Beta karoten: 5409 mcg.

Tembaga: 200 mcg.

Selain beberapa kandungan nutrisi di atas, daunpepaya juga mengandung enzim papain yang dapat memecah protein dengan cepat menjadi senyawa yang lebih sederhana sehingga mudah diserap oleh tubuh dan pencernaan pun menjadi lebih lancar.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Daun pepaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Mengatasi Sakit Tenggorokan


Manfaat daunpepaya yang pertama adalah bisa mengatasi sakit tenggorokan. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan enzim papain di dalamnya.

Pasalnya, enzim ini juga dapat bekerja layaknya obat pelega tenggorokan, sehingga bisa membantu meredakan rasa sakit pada tenggorokan dan mengatasi penumpukan lendir atau dahak.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah


Khasiat daunpepaya berikutnya adalah mengontrol kadar guladarah sekaligus tekanan darah. Manfaatnya dalam mengontrol kadar guladarah dapat diperoleh dari kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Mengonsumsi ekstrak daunpepaya diketahui dapat melindungi sel penghasil insulin (sel beta pankreas), sehingga produksi kadar hormon insulin di dalam tubuh dapat tetap terjaga untuk menjaga kestabilan kadar guladarah dalam tubuh.

Gula darah yang stabil pada akhirnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.

3. Sebagai Sumber Energi bagi Tubuh


Daun pepaya mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tambahan energi bagi tubuh. Dengan jumlah energi yang cukup, tubuh pun menjadi tidak mudah lelah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, daunpepaya juga dapat menjadi menu diet harian. Pasalnya, daun ini juga mengandung serat yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi konsumsi makanan secara berlebihan.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan


Baik buah maupun daunpepaya sama-sama bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, salah satunya mengatasi sembelit.

Manfaat daunpepaya ini dapat diperoleh dari kandungan serat di dalamnya yang dapat melunakkan feses, sehingga proses buang air besar menjadi lebih mudah. Dengan begitu, sembelit pun bisa diatasi dan dicegah.

Selain mengatasi dan mencegah sembelit, daunpepaya juga bermanfaat sebagai obat alami perut kembung berkat kandungan enzim papain di dalamnya.

5. Mengatasi Demam Berdarah


Demam berdarah dengue (DBD) adalah kondisi ketika kadar trombosit di dalam tubuh menurun akibat infeksi virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti, sehingga dapat menimbulkan sejumlah gejala seperti lemas dan demam.

DBD juga dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan, bahkan bisa berujung dengan kematian.

Dalam hal ini, daunpepaya bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah, sehingga bisa meredakan gejala DBD. Manfaat daunpepaya ini bisa didapatkan dari kandungan carpaine serta beberapa senyawa di dalamnya yang bersifat antivirus.

6. Mengurangi Nyeri Haid


Salah satu manfaatdaunpepaya untuk wanita adalah dapat mengurangi nyeri haid. Selain itu, daunpepaya juga dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh, sehingga siklus haid pun bisa menjadi lebih teratur. Manfaat ini bisa diperoleh dengan mengolah daunpepaya menjadi jus.

7. Menjaga Kesehatan Rambut


Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, daunpepaya juga memiliki manfaat bagi kesehatanrambut. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya diyakini dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Selain itu, daunpepaya juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut berketombe. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan di dalam daunpepaya yang bersifat antijamur. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan daunpepaya sebagai masker rambut.

8. Menjaga kesehatan Kulit


Selain rambut, manfaatdaunpepaya juga bisa dirasakan oleh kulit. Pasalnya, daun ini dipercaya dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini karena mengandung asam amino yang tinggi di dalamnya.

9. Sebagai Obat Kanker


Penelitian dalam Frontiers in Pharmacology menyebutkan bahwa daunpepaya memiliki potensi sebagai penunjang pengobatan kanker karena dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, kankerkulit, dan kanker prostat.

Manfaat ini dapat diperoleh berkat senyawa aktif di dalam daunpepaya yang bersifat sitotoksik, sehingga bisa merusak sel-sel kanker.

Meski begitu, daun ini tidak bisa dijadikan sebagai pengobatan utama kanker, melainkan hanya sebagai pendukung pengobatan kanker.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru