9 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 2 Banyak yang Belum Tahu

Redaksi - Rabu, 06 Maret 2024 10:00 WIB
9 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 2 Banyak yang Belum Tahu
Istimewa
Advertisement

3. Sebagai Sumber Energi bagi Tubuh

Baca Juga:


Daun pepaya mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tambahan energi bagi tubuh. Dengan jumlah energi yang cukup, tubuh pun menjadi tidak mudah lelah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, daunpepaya juga dapat menjadi menu diet harian. Pasalnya, daun ini juga mengandung serat yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi konsumsi makanan secara berlebihan.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan


Baik buah maupun daunpepaya sama-sama bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, salah satunya mengatasi sembelit.

Manfaat daunpepaya ini dapat diperoleh dari kandungan serat di dalamnya yang dapat melunakkan feses, sehingga proses buang air besar menjadi lebih mudah. Dengan begitu, sembelit pun bisa diatasi dan dicegah.

Selain mengatasi dan mencegah sembelit, daunpepaya juga bermanfaat sebagai obat alami perut kembung berkat kandungan enzim papain di dalamnya.

5. Mengatasi Demam Berdarah


Demam berdarah dengue (DBD) adalah kondisi ketika kadar trombosit di dalam tubuh menurun akibat infeksi virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti, sehingga dapat menimbulkan sejumlah gejala seperti lemas dan demam.

DBD juga dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan, bahkan bisa berujung dengan kematian.

Dalam hal ini, daunpepaya bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah, sehingga bisa meredakan gejala DBD. Manfaat daunpepaya ini bisa didapatkan dari kandungan carpaine serta beberapa senyawa di dalamnya yang bersifat antivirus.

6. Mengurangi Nyeri Haid


Salah satu manfaatdaunpepaya untuk wanita adalah dapat mengurangi nyeri haid. Selain itu, daunpepaya juga dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh, sehingga siklus haid pun bisa menjadi lebih teratur. Manfaat ini bisa diperoleh dengan mengolah daunpepaya menjadi jus.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru