5 Bahan Ini Bisa Bikin Nasi Goreng Jadi Tak Halal

Redaksi - Sabtu, 16 Maret 2024 10:26 WIB
5 Bahan Ini Bisa Bikin Nasi Goreng Jadi Tak Halal
Istimewa
bulat.co.id - MEDAN | Nasi goreng merupakan salah satu jenis makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain mudah di masak, bahan-bahannya juga gampang didapat.

Namun, ada beberapa versi nasi goreng yang menggunakan bahan-bahan tertentu dan beda dari biasanya. Nah, bagi yang beragama Islam perlu hati-hati sebab tak semua bahan makanan halal dikonsumsi.

Advertisement

Saat ini, masih ada sejumlah penjual nasi goreng yang menggunakan bahan-bahan non-halal. Entah itu dari bumbu atau bahan utama yang digunakan. Alhasil, seenak apapun nasi gorengnya tetap tidak bisa dikonsumsi karena haram.

Baca Juga:

Lantas, apa saja bahan-bahan yang bikin nasi goreng jadi tidak halal? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Bahan-bahan yang Membuat Nasi Goreng Nggak Halal

Ada sejumlah bahan-bahan yang masuk kategori haram namun dipakai dalam membuat nasi goreng. Hal ini membuat nasi goreng jadi tidak halal dikonsumsi umat muslim.

1. Angciu

Angciu sudah banyak digunakan pada masakan Chinese. Sebab, penggunaan angciu disebut membuat masakan jadi terasa lebih lezat dan beraroma kuat.

Meski begitu, angciu merupakan bahan makanan yang haram dikonsumsi umat muslim. Sebab, angciu adalah arak masak atau arak China yang terbuat dari beras dan melalui proses fermentasi, sehingga mengandung alkohol.

Angciu banyak dipakai dalam masakan tumis seperti nasi goreng, mie goreng, kwetiau goreng, hingga capcay. Sebagai muslim yang taat, sebaiknya hindari penggunaan angciu.

2. Saus

Saus juga kerap digunakan dalam membuat nasi goreng. Namun yang perlu diperhatikan, tak semua saus halal untuk dikonsumsi.

Sebab, ada sejumlah saus yang menggunakan pemutih gula yang berasal dari tulang hewan. Kemungkinan besar bahan utama pemutih gula tersebut adalah dari tulang babi, sehingga haram dikonsumsi.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru