Daftar 10 Negara Paling Bahagia di Asia 2024, Indonesia Urutan Berapa?

Hadi Iswanto - Kamis, 21 Maret 2024 17:04 WIB
Daftar 10 Negara Paling Bahagia di Asia 2024, Indonesia Urutan Berapa?
World Happiness Report baru-baru ini mengungkap daftar negara paling bahagia di Asia. Indonesia peringkat berapa
bulat.co.id - World Happiness Report baru-baru ini mengungkap daftar negara paling bahagia di Asia. Indonesia peringkat berapa ya?

World Happiness Report adalah laporan kolektif dari beberapa peneliti dan ilmuwan terkemuka di dunia.

Advertisement

Laporan tersebut disusun berdasarkan data Gallup World Poll yang mengukur evaluasi hidup rata-rata individu yang diambil dalam rentang waktu tiga tahun, yakni dari 2021 hingga 2023.

Baca Juga:

Ukuran bahagia itu dilihat dari kesehatan. Karena kebahagiaan merupakan salah satu faktor yang cukup berkontribusi terhadap kesehatan.

Penelitian yang dilakukan Johns Hopkins University School of Medicine menemukan orang yang bahagia dan puas dengan hidupnya memiliki risiko 30 persen lebih rendah mengalami penyakit jantung.

Sementara pada studi yang dilakukan oleh Carnegie-Mellon University, ditemukan bahwa orang yang bahagia, ceria, dan tenang memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit dibanding mereka yang sering cemas, marah, atau depresi.

Lantas, negara mana yang mendapat kehormatan dinobatkan sebagai negara paling bahagia di Asia 2024?

Dikutip dari CNBC Make It, Singapura menjadi negara paling bahagia di Asia menurut World Happiness Report 2024.

Bahkan, ini adalah kali kedua bagi Negeri Singa mendapat titel tersebut, setelah sebelumnya meraih gelar yang sama pada 2023.

Sementara pada daftar negara paling bahagia di dunia, Singapura menduduki peringkat 30 dari 143 negara yang disurvei dalam penelitian tersebut.

Apa Rahasia Singapura Jadi Negara Paling Bahagia?

Penulis dan editor dari World Happiness Report 2024, Shun Wang, mengungkapkan ada beberapa faktor yang membuat Singapura menduduki peringkat tinggi pada daftar negara paling bahagia. Salah satunya adalah Pendapatan Domestik Bruto (PDB) per kapita.

"Singapura memiliki kinerja yang sangat baik dalam hal PDB per kapita, salah satu yang tertinggi dalam data kami," ujar Wang, dikutip dari CNBC Make It.

"Itu artinya pemerintah Singapura sangat bersih dan penduduknya memiliki persepsi korupsi yang sangat rendah, bahkan lebih rendah dibanding Denmark atau Norwegia," sambungnya.

Editor World Happiness Report 2024 sekaligus Direktur Pusat Penelitian Kesejahteraan dari Universitas Oxford, Jan-Emmanuel De Neve juga mengatakan Singapura berhasil dalam meningkatkan harapan hidup, usia atau lama hidup, serta hidup sehat.

Lantas urutan ke-berapa Indonesia?

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Menurut World Happiness Report 2024, Indonesia menempati urutan ke-11 sebagai negara paling bahagia di Asia.

Sementara secara keseluruhan, Indonesia berada di posisi ke-80 dari 143 negara yang terlibat dalam survei tersebut.

Berikut daftar 10 negara paling bahagia di Asia menurut World Happiness Report 2024:

  1. Singapura
  2. Taiwan
  3. Jepang
  4. Korea Selatan
  5. Filipina
  6. Vietnam
  7. Thailand
  8. Malaysia
  9. China
  10. Mongolia

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru