Indonesia Catat Sejarah, Satelit Nano Buatan dalam Negeri Berhasil Mengorbit

Satelit Nano Buatan dalam Negeri Berhasil Mengorbit
- Sabtu, 07 Januari 2023 19:15 WIB
Indonesia Catat Sejarah, Satelit Nano Buatan dalam Negeri Berhasil Mengorbit
Foto: dok.Pasifik Satelit Nusantara
Pelepasan Surya Satelit-1 dari Internasional Space Station
Baca juga:Tetap Gunakan Masker Meski Indonesia Menuju Status Endemi

Sementara Ketua Tim Pengembangan SS-1 Setra Yoman Prahyang mengatakan, keberhasilan peluncuran satelit nano ini memungkinkan peningkatan kemampuan komunikasi pesan teks secara real-time melalui frekuensi radio.

Selain itu, Berhasilnya pembangunan satelit ini juga bisa menjadi benchmark bagi misi satelit Indonesia lain di Indonesia, sehingga lebih banyak misi inovatif lain yang bisa dikembangkan generasi muda Indonesia berikutnya.

"Target utama pengembangan Satelit SS-1 ini adalah untuk penelitian dan pengembangan, sehingga satelit bisa diakses secara bebas oleh masyarakat. Kami yakin keterbukaan akses SS-1 ini merupakan bagian dari semangat kolaborasi dalam pengembangan dan pemanfaatan industri di Indonesia. Karena itu, SS-1 tidak difokuskan untuk aktivitas komersial dan fokus pada aspek ilmu pengetahuan," ujar Setra.

Setelah satelit SS-1 ini berhasil memancarkan sinyal pertama, maka ini menjadi bukti bahwa satelit berfungsi secara normal. SS-1 akan memasuki fase Commissioning untuk memastikan seluruh perangkat satelit dalam keadaan prima dan layak fungsi.

Seluruh komponen satelit juga dipastikan dalam kondisi optimal dan tidak terdapat kondisi anomali yang berpotensi mengganggu operasional.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru