Krisis Kelaparan Global, Setiap Malam 783 Juta Orang Tidur Tanpa Makan

- Sabtu, 16 September 2023 10:45 WIB
Krisis Kelaparan Global, Setiap Malam 783 Juta Orang Tidur Tanpa Makan
Internet
Ilustrasi
bulat.co.id -JENEWA | Krisis kelaparan global telah menyebabkan 783 juta orang dalam kondisi tidur dengan keadaan lapar setiap malam tanpa makan.


Advertisement

Lebih dari 345 juta orang menghadapi kerawanan pangan tingkat tinggi tahun ini, atau meningkat hampir 200 juta orang dari awal tahun 2021 sebelum pandemi Covid-19.

Baca Juga:
Baca Juga :PSN Ngada Raih Juara ETMC 2023, Wagub Sebut Anak NTTMampu Berkompetisi Hingga Level Internasional

Data tersebut sesuai dengan laporan Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP) Cindy McCain saat berbicara kepada Dewan Keamanan PBB, Kamis (14/9/2023). Dia menjelaskan, karena kurangnya dana, badan tersebut terpaksa memotong jatah makanan untuk jutaan orang.

"Kita sekarang hidup dengan serangkaian krisis yang terjadi secara bersamaan dan berjangka panjang yang akan terus meningkatkan kebutuhan kemanusiaan global. Ini adalah realitas baru komunitas kemanusiaan, dan kita akan menghadapi dampak buruknya di tahun-tahun mendatang," katanya.

Janda mendiang senator AS John McCain ini mengatakan, WFP memperkirakan, hampir 47 juta orang di lebih dari 50 negara hanya selangkah lagi menuju kelaparan. Kemudian ada 45 juta anak di bawah usia lima tahun yang diperkirakan menderita dari malanutrisi akut.

"Dari 79 negara tempat lembaga itu beroperasi, sebanyak 783 juta orang, kondisinya tidur dalam keadaan lapar setiap malam tanpa makan. Lebih dari 345 juta orang menghadapi kerawanan pangan tingkat tinggi tahun ini, atau meningkat hampir 200 juta orang dari awal tahun 2021 sebelum pandemi Covid-19," sebutnya.

Akar dari melonjaknya angka tersebut, kata WFP, adalah kombinasi mematikan dari konflik, guncangan ekonomi, iklim ekstrem, dan melonjaknya harga pupuk.


Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru