Di China Ada Lubang Surgawi, Isinya Menakjubkan

Redaksi - Sabtu, 09 Maret 2024 12:30 WIB
Di China Ada Lubang Surgawi, Isinya Menakjubkan
Istimewa
bulat.co.id - JAKARTA | Bumi masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan oleh manusia. Dari sekian banyak misteri tersebut, salah satunya adalah lubang raksasa di China.

Beberapa waktu lalu, sebuah tim ilmuwan China telah menemukan lubang raksasa baru yang berisi hutan purba di bagian dasarnya. Penemuan tersebut berada di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, tepatnya di dekat desa Ping'e, Kabupaten Leye.

Advertisement

Ingin tahu seperti apa lubang raksasa tersebut? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Baca Juga:

Lubang Raksasa yang Kedalamannya Ratusan Meter

Dilansir Live Science, para ilmuwan menjelaskan bahwa lubang tersebut memiliki kedalaman 630 kaki atau sekitar 192 meter. Mereka dapat mengetahuinya dengan cara menelusuri ke dalam lubang.

Penelusuran tersebut dilakukan oleh sebuah tim speleolog (pakar/ilmuwan yang mempelajari tentang gua-red) dan spelunkers (orang yang hobi mengeksplorasi gua-red) yang dilaksanakan pada 6 Mei 2022.

Saat berada di dalam, tim ilmuwan menemukan tiga pintu masuk gua di jurang, serta pohon kuno setinggi 131 kaki (40 meter). Pohon purba itu memiliki ranting yang begitu lebar hingga menyaring sinar matahari masuk ke dalam lubang.

"Penemuan itu tidak mengherankan. Karena China selatan adalah rumah bagi topografi karst, lanskap yang rentan terhadap lubang runtuhan yang dramatis dan gua-gua dunia lain," kata George Veni, direktur eksekutif National Cave and Karst Research Institute (NCKRI) di AS.

Sayangnya, Veni tidak terlibat dalam penjelajahan lubang tersebut. Namun, organisasi yang dulunya adalah Institute of Karst Geology of the China Geological Survey, adalah bagian dari institute NCKRI.

Sedikit informasi, wilayah Guangxi memang dikenal dengan formasi kartsnya. Maka dari itu, ada banyak lubang runtuhan, pilar batu, hingga jembatan alami. Kawasan tersebut telah dimasukkan dalam situs warisan dunia UNESCO.

Disebut Sebagai 'Lubang Surgawi'

Insinyur senior di Institut Geologi Karst, Zhang Yuanhai mengatakan bagian dalam lubang runtuhan atau sinkhole ini memiliki panjang 1.004 kaki (306 meter) dan lebar 492 kaki (150 meter).

Ia menyebut lubang runtuhan sebesar itu dengan nama 'tiankeng'. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, artinya adalah 'lubang surgawi'.

"Dasar lubang runtuhan itu memang tampak seperti dunia lain," ujar Zhang.

Sementara itu, Chen Lixin yang memimpin tim ekspedisi gua mengatakan bahwa semak lebat di dasar lubang raksasa itu tingginya bisa sebahu orang dewasa.

"Saya tidak terkejut mengetahui bahwa ada spesies yang ditemukan di gua-gua ini yang belum pernah dilaporkan atau dideskripsikan oleh sains sampai sekarang," ungkap Lixin.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru