Kapal Tanker Angkut 8 WNI Terbalik di Jepang, 5 Orang Hilang

Redaksi - Rabu, 20 Maret 2024 16:00 WIB
Kapal Tanker Angkut 8 WNI Terbalik di Jepang, 5 Orang Hilang
Istimewa
bulat.co.id - JAKARTA | Lima orang belum ditemukan pada hari Rabu (20/3/24) setelah sebuah kapal tanker bahan kimia berbendera Korea Selatan (Korsel) terbalik di perairan lepas pantai Jepang, kata penjaga pantai.

Dilansir kantor berita AFP, Rabu (20/3/24), juru bicara otoritas Penjaga Pantai Jepang mengatakan bahwa kapal tersebut mengangkut 11 orang yang terdiri dari delapan warga Indonesia (WNI), dua warga Korea Selatan dan satu warga China.

Advertisement

Dia mengatakan kepada AFP, bahwa enam orang dari ke-11 awak kapal tersebut, sejauh ini telah diselamatkan. Penjaga pantai "masih mencari lima orang lainnya," kata juru bicara tersebut.

Baca Juga:

Kapal tanker itu "membawa asam akrilat, namun belum ada informasi apakah asam tersebut bocor ke laut," imbuhnya, tanpa ingin disebutkan namanya.

Juru bicara tersebut mengatakan dia tidak mengetahui kondisi orang-orang yang diselamatkan dan dilarikan ke rumah sakit.

Rekaman dari stasiun televisi Jepang, NHK menunjukkan lambung kapal yang berwarna merah dan sebuah rakit penyelamat terbalik, ketika sebuah kapal penjaga pantai menerjang gelombang besar dan sebuah helikopter terbang di atasnya.

NHK melaporkan bahwa para kru memberitahu penjaga pantai pada Rabu pagi waktu setepat, bahwa kapal itu miring dan meminta bantuan di dekat pulau Mutsure, di lepas pantai barat daya Jepang.

Penjaga Pantai Jepang menerima panggilan telepon penyelamatan segera setelah pukul 07.00 waktu setempat, yang mengatakan bahwa kapal itu "miring, tolong bantu kami", kata juru bicara itu.

NHK menamai kapal tersebut dengan nama Keoyoung Sun, yang menurut situs spesialis vesselfinder.com adalah kapal tanker kimia dan produk minyak yang dibangun pada tahun 1996, berukuran panjang 69 meter (226 kaki).

Operator kapal menolak berkomentar.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru