Medan Zoo, Deritamu Kini, Hidup Segan Mati Malu-malu

Redaksi - Sabtu, 13 Januari 2024 13:30 WIB
Medan Zoo, Deritamu Kini, Hidup Segan Mati Malu-malu
Istimewa
bulat.co.id - MEDAN | Kondisi salah satu unit usaha Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan Kota Medan, Medan Zoo, sangat mengiris hati bagaikan hidup segan mati malu-malu.Bukan satwa yang ada di Medan Zoo saja yang terancam, manusia yang bekerja juga ikut terancam akibat krisis finansial yang melanda.

Advertisement
Saat ini Medan Zoo sedang menjadi sorotan karena berbagai hal, termasuk kondisi kebun binatang yang dianggap tidak terawat. Kebun binatang itu sudah ditumbuhi banyak rumput liar dan jalan setapak pun sudah mulai rusak dan berlumut.

Baca Juga:
Hewan-hewan di Medan Zoo sudah tidak lagi banyak. Hewan-hewan di sana hanya ada beberapa di antaranya burung merak, burung kakaktua, burung elang ular, gajah, Harimau Sumatera, dan Harimau Benggala.

Bahkan dalam rentang waktu 2 bulan, ada 3 ekor harimau mati di Medan Zoo. Di antaranya 2 Harimau Sumatera dan 1 Harimau Benggala.Terbaru, Harimau Sumatera bernama Nurhaliza atau Putri ditemukan mati di penghujung tahun 2023. Harimau tersebut mati dengan berbagai indikasi penyakit.

"Di hari terakhir tahun 2023, tepatnya Minggu 31 Desember 2023 terjadi kematian Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang bernama 'Nurhaliza alias Putri' ditemukan mati pada tanggal 31 Desember 2023 sore pukul 16.48 WIB di Medan Zoo," ungkap Balai Besar KSDA Sumatera Utara Rudianto Saragih Napitu.

Rudianto mengungkapkan saat dilakukan pemeriksaan pada November 2023 lalu, Harimau Sumatera ini terindikasi mengalami gangguan pada sistem pernapasan. Sebelum mati, harimau ini mulai menunjukkan gejala-gejala seperti tak nafsu makan dan sering sesak napas.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru