Ekspor Sumut Meningkat 3,36%

- Jumat, 30 Desember 2022 13:30 WIB
Ekspor Sumut Meningkat 3,36%
Istimewa
Salah satu komoditas ekspor dari Sumut adalah Kopi.
bulat.co.id -Komoditas ekspor yang tercatat dari pelabuhan Belawan hingga November tahun 2022 mencapai Rp28 triliun yang didominasi dari hasil perkebunan. Artinya meningkat 3,36% dibanding dari tahun 2021. Dimana, ekspor tahun 2021 dengan periode yang sama berjumlah Rp26 triliun.

"Data Karantina Pertanian Belawan, periode Januari hingga November, yang mendominasi adalah dari sub sektor perkebunan yang mencapai Rp26 triliun, yang kedua dari sub sektor hortikultura Rp278 miliar, terakhir dari tanaman pangan Rp74 miliar," kata Kepala Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto, Kamis (29/12/2022).

Andi menambahkan, Karantina Pertanian sebagai bagian dari Kementerian Pertanian yang selalu mendukung perkembangan kemajuan UMKM dan pertambahan negara tujuan ekspor.

Baca Juga:Ekspor Kopi ke USA dan Kanada, Karantina Pertanian Belawan Serahkan Sertifikat Kesehatan

"Sesuai dengan program Kementerian Pertanian untuk meningkatkan gerakan tiga kali lipat ekspor produk pertanian. Demi meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat, dengan menciptakan lapangan kerja," tambah Andi.

Di waktu yang sama, Badan Karantina Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan menyerahkan Phytosanitary Certificate (PC) sebagai sertifikat kesehatan komoditas kopi sebanyak 96 ton yang akan diekspor ke USA dan Kanada.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru