DO Mahasiswa karena Gelar Aksi Demo, Rektor Unika St Thomas Dikecam

Andy Liany - Selasa, 12 Desember 2023 22:17 WIB
DO Mahasiswa karena Gelar Aksi Demo, Rektor Unika St Thomas Dikecam
bulat.co.id -Gerakan Mahasiwa Nasional (GMNI) Kota Medan mengecam tindakan Rektor Universitas Katolik Santho Thomas Medan yang menjatuhkan sanksi pemecatan terhadap 6 mahasiswanya dan skorsing kepada 13 mahasiswa lainnya, yang dituding melakukan pelanggaran berat karena melakukan aksi unjukrasa di kampusnya.

Hal tersebut diuangkapkan oleh Ketua GMNI Kota Medan Surya Dermawan Nasution, menurutnya tindakan rektor UNIKA St Thomas tersebut adalah bentuk tindakan otoriter yang memberangus kebebasan berpendapat.

Advertisement

"Kami sangat menyayangkan dan mengecam keras tindakan pihak kampus UNIKA St Thomas yang membunuh nalar kritis dan mengekang kebebasan berpendapat mahasiswanya, ini bertentangan dengan konstitusi, UU Hak Asasi Manusia serta Konvensi Internasional tentang Hak Sipil dan Politik," tegasnya, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga:

Surya menambahkan bahwa kampus UNIKA St Thomas selaku penyelenggara pendidikan dan terlebih sebagai kampus yang memiliki sejarah dalam peristiwa reformasi, seharusnya menjamin tumbuhnya nalar kritis dan menjaga iklim demokrasi di lingkungan kampusnya.

"Kampus seharusnya tidak menutup ruang kebebasan berpendapat didalam lingkungan akademik dengan cara otoriter, karena sejatinya kampus adalah lembaga penyelenggara pendidikan, bukan malah menjadi pihak yang mencabut hak para mahasiswa," tambahnya.

Surya berharap pihak rektorat UNIKA St Thomas lebih bijak merespon aksi unjukrasa yang dilakukan oleh rekan-rekan mahasiswa.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru