Kemarau Panjang, Ratusan Hektare Sawah Kekeringan di Pekalongan

Harga Beras Meroket, Petani Menganggur
Redaksi - Jumat, 06 Oktober 2023 18:29 WIB
Kemarau Panjang, Ratusan Hektare Sawah Kekeringan di Pekalongan
Istimewa

bulat.co.id -PEKALONGAN | Ratusan hektare (ha) sawah di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah mengalami kekeringan. Dampaknya,harga berasmelambung tinggi di pasaran.

Advertisement

Salah satu area persawahan yang terdampak kekeringan di Desa Rowoyoso, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. Lahan ini tak bisa ditanami padi akibat kemarau panjang. Kondisi sawah pun kering dan tanahnya retak-retak.

Baca Juga:

Menurut Ketua Kelompok Tani Desa Rowoyoso,Masyhuri, kondisi tersebut sudah terjadi 2 bulan terakhir karena tidak ada pasokan air akibat musim kemarau berkepanjangan.

Baca Juga :Peningkatan Mutu Dan Kualitas Menuju Pasar Tradisional Klohi Hampir Rampung Dikerjakan

"Kalau tahun ini kekeringan sudah terjadi mulai Agustus, tetapi akhir Oktober menurut perkiraan akan hujan," kata Masyhuri di Pekalongan, Jumat (6/10/23).

Kekeringan membuat para petani terpaksa menganggur. Selain tidak bisa menanam padi, mereka juga tidak bisa menanam palawija, seperti tahun-tahun sebelumnya. Akibat seluruh lahan persawahan tidak bisa di tanam.

"Tahun ini kondisi sawah lebih kering, banyak petani menganggur, ada juga yang hanya bersih-bersih persawahan untuk mempersiapkan lahan untuk musim tanam mendatang," kata Masyhuri.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru