Elon Musk Soal Mobil Listrik China: Dulu Meremehkan, Kini Ketar Ketir Penjualannya Disalip

Hadi Iswanto - Senin, 29 Januari 2024 18:00 WIB
Elon Musk Soal Mobil Listrik China: Dulu Meremehkan, Kini Ketar Ketir Penjualannya Disalip
Salah satu mobil BYD yang laris di pasaran
bulat.co.id - CEO Tesla Elon Musk pernah meremehkan pabrikan mobil listri China sekitar satu dekade silam. Kini, ia megakui mobil Tiongkok merupakan merek paling kompetitif di dunia.Pengakua itu muncul dari Musk setelah Tesla secara beruntun dikalahkan oleh BYD sebagai mobil listrik terlaris di dunia.

Advertisement
Elon Musk merespons performa BYD yang sedang ekspansi ke seluruh dunia. Dia bilang produsen mobil Tiongkok akan "menghancurkan" pesaing globalnya jika tidak mengalami hambatan perdagangan, demikian seperti dikutip Reuters.

Baca Juga:
BYD didukung oleh perusahaan Warren Buffett, membuka babak baru dengan model yang lebih murah dan jajaran produk yang lebih bervariasi.

Walhasil BYD bisa menyalip Tesla sebagai perusahaan EV terlaris di dunia pada kuartal terakhir 2023. Meskipun produsen mobil AS tersebut melakukan pemotongan harga yang besar.

BYD mengklaim telah menjual tiga juta unit mobil listrik di seluruh dunia. Angka itu jauh dari penjualan Tesla yang hanya 1,8 juta.

"Pabrikan mobil China adalah pabrikan mobil paling kompetitif di dunia. Jadi saya pikir mereka akan meraih kesuksesan di luar China tergantung dari jenis tarif dan hambatan yang ditetapkan," ungkap Musk dilansir CNBC.

Elon Musk menyebut bila tak ada hambatan berarti, utamanya dari sisi perdagangan, pabrikan mobil China bisa menghancurkan produsen lain di dunia. Ini bukan kali pertama Elon Musk memberikan pujian kepada produsen mobil China.

Tahun lalu, miliarder itu menyebut pabrikan mobil listrik China juga yang paling kompetitif di dunia dan bakal menjadi perusahaan paling atas di industri otomotif dunia.

"Jika boleh saya bilang, mungkin beberapa perusahaan dari China adalah yang paling mungkin berada di urutan kedua setelah Tesla," ucapnya lagi.

Sialnya, bukan urutan kedua, BYD kini berada di atas Tesla.

Menariknya, sebelum memberi pernyataan tersebut, Elon Musk justru pernah merendahkan mobil listrik China. Mobil listrik yang dimaksud adalah keluaran BYD.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru