Ketua Jokowi Mania Sebut Usulan Jokowi 3 Periode Haram Bagi Demokrasi

- Rabu, 31 Agustus 2022 18:23 WIB
Ketua Jokowi Mania Sebut Usulan Jokowi 3 Periode Haram Bagi Demokrasi
Ketua Jokowi Manai Imanuel Ebenezer - (foto: Istimewa)

bulat.co.id - Ketua Jokowi Mania (Joman), Imanuel Ebenezer menegaskan usulan Jokowi 3 periode adalah produk haram bagi demokrasi. JoMan menilai wacana tersebut sesat dan menjerumuskan. 

Advertisement

Noel meminta pihak pengusung Jokowi 3 periode harus mereview sejarah dunia dan bahkan Indonesia sendiri. 

Baca Juga:

"Jangan memakai perbandingan Jerman dan Inggris. Mereka demokrasi parlementer. Kita dulu pernah, dan akhirnya malah bubar," kata aktivis 98, dalam rilis yang diterima wartawan Bulat.co.id

Kerugian demokrasi parlementer, sebut Imanuel, kapan saja, jika muncul ketidaksukaan elit politik partai, kepala negara bisa dijatuhkan. Ia melanjutkan, jika Projo (pro Jokowi) menginginkan seperti ini berarti jelas menjerumuskan Presiden Jokowi

Noel lebih jauh mengingatkan, bahwa sudah ada beberapa contoh yang terjadi di dunia. Seperti jatuhnya perdana menteri di negara yang menganut sistem parlementer.

Menurut Imanuel, Indonesia adalah demokrasi langsung. Rakyat memilih presidennya secara langsung. Perpanjangan masa jabatan presiden tidak boleh ada di parlemen.

"Yang lebih buruk Budi Arie, adalah aktor yg pernah ada saat kawan-kawan mahasiswa berjuang di era reformasi. Dia menyaksikan bagaimana menjatuhkan Soeharto. Sementara dia menginginkan kita kembali ke Orde Baru dan Orde otoriterian," tandas Noel.

Noel memberi contoh banyak rezim rezim yang berkuasa panjang akhirnya didemo dan jatuh dengan mengerikan. Tentu kata Noel, pihaknya tidak menginginkan seperti itu. 

" Kita lihat kejatuhan Saddam Husein, Moamar Khadafi, Soeharto dll. Belum lagi para pemimpin yang diisolasi dunia karena berkuasa panjang. Semuanya dimulai dari memperpanjang kekuasaannya," kata Noel.

Dirinya sendiri meyakini Presiden Jokowi tidak menginginkan berkuasa kembali. Jokowi hanya berharap munculnya pemimpin baru yang bisa seirama dan melanjutkan program-program pemerintahannya. 

Karena itu, Jokowi Mania berharap tidak ada lagi gagasan Jokowi tiga periode. Wacana ini tidak boleh dilanjutkan.

"Ini produk haram bagi demokrasi. Sangat berbahaya," ucapnya. 

(YP)

Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru