Dampak Gempa Tuban M 5,9, Rumah hingga Fasilitas Umum Rusak

Hadi Iswanto - Jumat, 22 Maret 2024 16:57 WIB
Dampak Gempa Tuban M 5,9, Rumah hingga Fasilitas Umum Rusak
Antara
Rumah rusak akibat gempa di Tuban
bulat.co.id - Gempa berkekuatan magniudo (M) 6,5 yang mengguncang Tuban, Jawa Timur cukup berdampak. Sejumlah rumah hingga fasilitas umum dilaporkan rusak.


Advertisement

Berdasarkan data BPBD Jatim kerusakan bangunan terjadi di SMAN 1 Sangkapura di Desa Sungairujing, Kecamatan Sangkapura, Gresik. Selain itu, ada juga bangunan masjid yang mengalami kerusakan akibat gempa.

Baca Juga:

"Sekolah tersebut mengalami beberapa kerusakan dampak gempa Tuban. Ada juga satu masjid di Kecamatan Sangkapura yang mengalami kerusakan ringan," kata Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto dilansir detikJatim, Jumat (22/3/2024).

Gatot memaparkan satu rumah di Desa Telukjatidawang, Kecamatan Tambak juga turut mengalami kerusakan. Rumah tersebut mengalami kerusakan ringan.

"Atap rumah tersebut mengalami keretakan," jelasnya.

Gatot juga mengungkap ada satu rumah yang rusak berat di Tuban. Tepatnya di Desa Glagah, Kecamatan Soko.

"Kami temukan rumah rusak berat 1 unit di Tuban," jelasnya.

"Kami akan terus mengupdate data kerusakan gempa Tuban," tandasnya.

Diberitakan, gempa berkekuatan magnitudo 5,9 mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Jumat (22/3/2024) pukul 11.22 WIB.

Gempa ini berpusat di laut dengan titik episentrum 5.74 LS dan 112.32 BT dengan kedalaman 10 kilometer (km).

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, gempa tercatat berada di lokasi 132 km timur laut Tuban, Jatim, 152 km timur laut Rembang, Jawa Tengah, 153 km barat laut Lamongan, Jatim, dan 175 km barat laut Surabaya, Jatim.

Guncangan gempa dirasakan sedang di Kabupaten Tuban dengan durasi lebih kurang 15 detik. Selain di Tuban, guncangan juga dirasakan di daerah lain, seperti Kabupaten Rembang dengan durasi sekitar 5 hingga 20 detik.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru