Selundupkan 60 Kg Sabu, Tiga Kurir Jaringan Internasional Ditangkap BNNP Kepri, Ini Modusnya

Pelaku Jaringan Internasional
Redaksi - Minggu, 24 Desember 2023 11:45 WIB
Selundupkan 60 Kg Sabu, Tiga Kurir Jaringan Internasional Ditangkap BNNP Kepri, Ini Modusnya
Istimewa
bulat.co.id -TANJUNGPINANG | Tiga pelaku sindikat narkoba jaringan Internasional ditangkap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Riau (Kepri) di Tanjungpinang.
Dari pengungkapan kasus ini, petugas berhasil menyita 60 kilogram sabu yang akan diselundupkan ke Jakarta.

Kepala BNN RI, Komjen Marthinus Hukom mengatakan 60 kilogram sabu yang diamankan di Tanjungpinang bermula dari informasi masyarakat yang diterima BNNP Kepri. Kemudian dilakukan pengembangan dan mengamankan seorang pria.

"Petugas BNNP Kepri mengamankan sebuah mobil minibus bernomor polisi BP 1386 TI, pada Selasa (19/12/23) di Jalan DI Panjaitan Simpang KM 6, Tanjungpinang. Mobil itu dikendarai seorang pria berinisial DF (46), warga Sukabumi, Jawa Barat, sekitar pukul 16.00 WIB," kata Marthinus, Sabtu (23/12/23).

Petugas kemudian melakukan penggeledahan, hasilnya ditemukan 60 bungkus plastik hitam berisi sabu. Sabu tersebut disimpan dalam jok dan ban serep di dalam mobil itu.

"Petugas menemukan 27 bungkus plastik hitam berisi narkotika jenis sabu yang disimpan di bawah jok tengah mobil, 18 bungkus plastik serupa yang disembunyikan di dalam ban cadangan pertama, dan 15 bungkus sabu lainnya yang juga disembunyikan di dalam ban cadangan kedua," ujarnya.

Hasil pemeriksaan terhadap pelaku DF diketahui pelaku lainnya berinisial HY (46) warga Bengkulu. Pelaku HY kemudian diamankan tak jauh dari lokasi penangkapan pelaku DF.

"Tersangka DF dan HY diketahui merupakan seorang kurir sabu. Keduanya mengaku diperintahkan oleh seseorang berinisial TM alias R alias Dollar (50). Keduanya diiming-imingi upah hingga puluhan juta rupiah," ujarnya.

Hasil pemeriksaan, 60 kilogram sabu tersebut diketahui merupakan jaringan Malaysia. Sabu yang diamankan itu rencananya akan dibawa ke Jakarta melalui jalan darat.

"Jadi sabu ini masuk dari Malaysia melalui Batam kemudian dibawa ke Tanjungpinang rencananya akan dibawa ke Jakarta melalui Kuala Tungkal, Jambi ke Jakarta dan Surabaya," ujarnya.

Hasil pengembangan, petugas kemudian melakukan penangkapan terhadap pelaku TM. Pelaku diamankan di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, pada pagi tadi.

" Pelaku TM diamankan tadi pagi oleh BNN RI di Sukabumi," ujarnya.

Advertisement
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru